Loading...

News Detail

Talkshow Jendela Keluarga di Radio Gita FM 97,4 FM, topik : Flu Tulang

Penyakit Flu Tulang: Penyebab, Gejala dan Obat Flu Tulang

Mengenal Penyakit Flu Tulang – Penyakit flu tulang ternyata memiliki nama lain yaitu penyakit chikungunya. Dikatakan flu tulang mungkin karena penyakit ini cenderung memberikan efek nyeri-nyeri pada tulang atau sendi. Bahkan ada juga ada yang menyebutnya dengan demam sendi. Rasa nyeri yang menyerang dalam penyakit flu tulang ini terkadang bisa bertahan dalam waktu yang lumayan lama dalam satu bulan bahkan bertahun-tahun

Penyebab dari penyakit flu tulang adalah adanya virus yang yang dibawa dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegepty. Nyamuk yang juga menularkan pembawa virus penyakit demam berdarah. Biasanya nyamuk tersebut menggigit di siang hari.

Sedangkan puncak aktivitas nyamuk ini adalah di waktu pagi dan sore hari. Maka dari itu anda perlu waspada jika siang-siang hari ada nyamuk di sekitar anda.

Gejala Flu Tulang

Apabila virus yang telah menginfeksi dalam tubuh korban maka akan timbul beberapa gejala. Gejala-gejala penyakit flu tulang tersebut antara lain:

Demam yang mendadak tinggi yang disertai nyeri pada sendiSendi terasa kaku, terkadang memerah hingga membengkak

  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Perut terasa mual
  • Badan terasa kelelahan
  • Timbul ruam
Obat Flu Tulang

Pengobatan dari penyakit flu tulang sendiri adalah dengan cara simtomatik. Simtomatik yaitu mengatasi gejala yang muncul saja. Yaitu dengan cara beristirahat, memenuhi kebutuhan cairannya secara cukup, memberikan obat-obatan untuk meredakan sakit demamnya, memberikan obat untuk nyeri pada sendinya juga perlu. Si penderita harus dijauhkan dari gigitan nyamuk. Hal ini untuk memberikan proteksi juga pada orang lain yang tidak terkena penyakit. Karena apabila si penderita flu tulang digigit oleh nyamuk lain kemudian nyamuk lain tersebut menggigit orang lain yang sehat maka bisa tertular penyakit flu tulangnya.

Ringkasan Flu tulang atau chikungunya adalah penyakit virus yang ditularkan kepada manusia oleh nyamuk yang terinfeksi. Penyakit flu tulang ini menyebabkan demam dan nyeri sendi yang parah. Gejala lain termasuk nyeri otot, sakit kepala, mual, kelelahan dan ruam. Penyakit ini memiliki beberapa tanda-tanda klinis yang mirip dengan demam berdarah. Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit flu tulang ini. Pengobatan difokuskan untuk menghilangkan gejala-gejala yang muncul.

Sejak tahun 2004, demam chikungunya telah mencapai proporsi epidemi, dengan morbiditas dan penderitaan yang cukup besar. Lebih legkap silahkan baca: Penyakit Chikungunya Itulah jawaban atas rasa keingintahuan saya tentang penyakit flu tulang, dan mungkin juga dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian terutama bagi yang mengalami hal yang sama dengan saya.

Scroll to Top