Loading...

News Detail

Bakti Sosial Kesehatan di Pondok Pesantren Al Madinah

Letak RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo berada di kabupaten Jombang yang dikenal sebagai kota santri, dengan 42 lebih pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten Jombang. Mengingat hal tersebut, merupakan peluang bagi RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo untuk melakukan promosi kesehatan. Bakti sosial kesehatan dilakukan di pondok pesantren bertujuan sebagai sarana pengenalan/promosi kesehatan Rumah Sakit kepada pemilik yayasan, ustadz ustadzah, dan siswa-siswi terkait fasilitas pelayanan kesehatan RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo. Selain itu, kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan dan manfaat hidup sehat secara optimal.

Mengingat anak merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan unggul, namun dalam perkembangan anak tidak dapat tumbuh dengan sendirinya, mereka memerlukan lingkungan subur yang sengaja diciptakan untuk memungkinkan potensi mereka tumbuh dengan optimal. Hal ini dapat dimulai sejak dini dengan suasana yang penuh kasih sayang. Berpijak dari pemikiran tersebut, kami ingin memposisikan anak agar terpenuhi hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara sejahtera agar terbentuk generasi penerus yang tangguh, sehat, jujur, cerdas, berprestasi, serta beraklak mulia. Yayasan Al-Madinah Tebuireng Jombang merupakan sasaran kami dalam melakukan bakti sosial kesehatan, bertempat di Sekolah Menengah Pertama Unggulan Al-Madinah Jalan Raya 51, Diwek, Ceweng, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang. Tepatnya berada di sebelah timur Masjid Besar Diwek. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 11 Desember 2019 dimulai pada pukul 09.00 wib sampai dengan 12.00 wib. Di ikuti oleh 67 siswa melakukan pemeriksaan kulit, 48 siswa melakukan pemeriksaan mata, dan 34 siswa melakukan pemeriksaan gigi.

Sedangkan ketua pelaksana kegiatan ini adalah dr. Fadilla Delima Sandi. dr. Dyah Ayu Pitasari, M.Ked.Klin, Sp.D.V. selaku dokter spesialis kulit, dr. Dyah Purwita Trianggadewi, M.Ked.Klin, Sp.M selaku dokter spesialis mata, dan drg. Hanita Imelda, Sp.Perio selaku dokter gigi spesialis periodonti. Dihadiri juga oleh dokter umum RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo yaitu dr. Dwitya Aprilia dan dr. Resi Lystianto. Serta Ayu Mufidatul Khilmi, S.Kep.,Ners, Ira Maya Sari, Amd.Kep, Rizky Gunawan, Amd. Kep selaku perawat assisten dokter spesialis. Top Berita Only, S.Farm., Apt. selaku apoteker.

Secara keseluruhan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Unggulan Al-Madinah sangat antusias mengikuti kegiatan bakti sosial kesehatan ini. Peserta terbanyak adalah siswa yang melakukan pemeriksaan kulit, karena siswa-siswi di pondok pesantren banyak mengalami penyakit scabies yaitu penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil yang bernama Sarcoptes scabiei , gejala utama penyakit scabies adalah gatal pada kulit, terutama memburuk pada malam hari. Rasa gatal terjadi karena reaksi alergi terhadap tungau. Gatal paling hebat dirasakan disela-sela jari tangan dan kaki karena pada tempat tersebut paling banyak mengandung zat keratin sebagai sumber makanan kutu tersebut. Selain itu, kutu betina pada malam hari akan mengeluarkan telurnya pada daerah tersebut.

Mengingat bakti sosial kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Unggulan Al-Madinah berjalan dengan lancar dan siswa-siswi sangat antusias, maka RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo akan melakukan kegiatan bakti sosial kesehatan di pondok pesantren lain di kabupaten Jombang.

Scroll to Top